Categories
Uncategorized

Dindukcapil Kab. Demak Launching ANJANI PELAYAN DISABEL Untuk Mudahkan Masyarakat Peroleh Dokumen Kependudukan

Demak – “Anjani Pelayan Disabel adalah bentuk   kepedulian dan keseriusan Dindukcapil dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Intinya mempermudah masyarakat memperoleh dokumen kependudukan dengan mendekatkan pelayanan ke desa. Maka aksi perubahan dalam pelayanan dokumen kependudukan ini target jangka panjangnya dilaksanakan di seluruh desa/kelurahan,” ujar Eni Susiani, SE,MH, Plt. Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Demak, didampingi Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data Rudy Hartono, Selasa (15/12). Pada sosialisasi dan launching “Anjani Pelayan Disabel” di Desa Karangmlati Kecamatan Demak, Plt Kepala Dindukcapil Kabupaten Demak Hj Eni Susiani menyampaikan, tujuan dan manfaat dibangunnya Anjani Pelayan Disabel adalah mendukung program unggulan Bupati HM Natsir yakni Demak smart city. Di samping terwujudnya sadar kepemilikan dokumen kependudukan, dengan mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat sehingga mengurangi percaloan. Upaya meningkatkan kualitas pelayanan terus dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Demak. Di antaranya adalah ‘Anjani Pelayan Disabel’, yakni anjungan mini untuk pelayanan di desa berbasis elektronik.

Pada tahap awal, dokumen kependudukan yang bisa dilayani adalah kartu keluarga, akta kelahiran, akta Kematian, surat pindah keluar, dan biodata WNI. Atau dokumen kependudukan selain KTP dan KIA. Adapun alur pengurusan hingga cetak dokumen kependudukan melalui Anjani Pelayan Disabel yakni masyarakat mengajukan permohonan melalui aplikasi online mandiri (Siap OM). Selanjutnya Dindukcapil memverifikasi, jika sudah dapat dicetak maka masyarakat akan mendapatkan notifikasi. “Setelah dapat notifikasi, masyarakat bisa datang ke desa/kelurahan yang sudah ada Anjani Pelayanan Disabel untuk mencetak dokumen kependudukan yang dibutuhkan dengan dibantu operator yang ada di desa/kelurahan,” terang Rudy Hartono.

Target jangka pendek, selain Desa Karangmlati, Anjani Pelayan Disabel juga akan dipasang di Desa Katonsari Demak dan Tlogosih Kebonagung. Di samping di Desa  Sumberrejo Mranggen dan Karangtowo Karangtengah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial