Categories
Uncategorized

Mudik VS Pulang Kampung

Demak – Pernyataan Presiden Indonesia, Joko Widodo tentang definisi Mudik dan Pulang Kampung dalam wawancara ekslusif Najwa Shihab pada acara Mata Najwa yang disiarkan beberapa waktu yang lalu menyita perhatian Netizen di Twitter. Jokowi mengatakan itu ketika ditanya Najwa tentang fenomena masyarakat yang mencuri start ‘Mudik’. Menurut Jokowi, definisi Mudik dan Pulang Kampung berbeda.

“Kalau itu bukan Mudik, itu namanya Pulang Kampung. Memang bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan, ya mereka pulang. Karena anak istrinya ada di kampung,” kata Jokowi. Jokowi mengatakan, Mudik dilakukan menjelang Hari raya Idul Fitri. “Kalau yang namanya Pulang Kampung itu bekerja di Jakarta, tetapi anak-istrinya ada di kampung,” ujarnya.

Netizen yang mendengar pernyataan itu menjadi bingung. Bahkan ada yang mengaku baru tahu tentang definisi Mudik dan Pulang Kampung berbeda. Berdasarkan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi terbaru, arti kedua diksi tersebut sama saja. Mudik; pulang ke kampung halaman, Pulang Kampung; pulang ke kampung halaman. Namun, ‘Mudik’ dikaitkan pada momentum lebaran, sementara ‘Pulang Kampung’ dikaitkan bagi mereka yang sudah tidak lagi bekerja di kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial